Belajar dari Korea selatan yang dulu pernah lebih miskin dari Zimbabwe

Mengudara.com - Kita sekarang mengenal negara Korea Selatan dengan gebrakannya dalam berbagai teknologi terkini yang begitu inovatif. Sebenarnya masih banyak yang tidak tahu bahwa negara yang kini menjadi salah satu macan Asia dengan berbagai kemajuan perekonomian dan segala kelebihannya pernah mengalami masa sulit sehingga mereka berada dibawah negara-negara dengan taraf ekonomi yang sangat lemah yaitu negara Zimbabwe.

Berdasarkan informasi pada majalah Time, bahwa Negara Korea Selatan merupakan pada sekitar tahun 1960 pernah menjadi negara dengan taraf ekonomi yang bisa disebut negara miskin dimana Korea Selatan pernah berada dibawah negara-negara seperti Irak,Liberia,dan Zimbabwe.Hal itu dapat terjadi dikarenakan pada jaman tersebut mereka berperang dengan negara tetangganya yaitu Korea Utara dan belum terlalu meng-explore sumber daya alam nya.

Berdasarkan kutipan Michael Schuman dari Time bahwa kini Korea Selatan merupakan negara maju dan mapan dengan perusahaan maufaktur terdepan di microchip,panel LCD dan mobil. Dari beberapa negara di Asia Korea Selatan mengalami peningkatan penduduk perkapita tercepat sejak pertengahan tahun 1960.

Sekitar beberpa puluhan tahun lalu Negara ini masih berupa pedesaan dengan taraf ekonomi yang bisa dibilang miskin. Pernah pada jaman itu PBB meminta Korea Selatan agar meniru cara Negara Kenya agar menjadi negara yang berkembang,tetapi pemerintah Korea Selatan memilih jalan sendiri.Pada masa kini tingkat purchasing power parity atau hubungan antara barang dan jasa dengan nilai tukar mata uang itu sendiri,orang-orang korea dapat mencapai USD 33 ribu/tahun  per kapita jauh dari negara Kenya yang hanya seperduapuluhnya.

Selain itu Korea Selatan memiliki pendapatan perkapita yang tinggi mencapai USD 20 ribu.Korea Selatan memiliki perusahaan tekonologi yang sangat maju dengan dimotori perusahaan yang terkenala,siapa lagi kalau bukan Samsung dan LG.Selain itu negara ini memiliki perusahaan Naver Corporation dengan layanan messaging line nya.

Dengan pembahasan tentang Korea Selatan menjadi suatu inspirasi bagi Negara-negara lain agar ikut berkembang dan menjadi negara maju.